Review Suzuki All New Satria F150 FI
Suzuki Satria F150 FI.Suzuki Satria F150 FI (atau orang sering menyebutnya FUFI) telah menemani aktivitas dan hari-hari gue selama 1 tahun. Berbagai kondisi telah gue lalui bersama, Lambat, ngebut, hujan, panas, genangan air, stop and go, long ride, macet, jalan mulus, jalan bumpy, off road, dan lain-lain. 1 tahun bukan waktu yang singkat buat gue untuk mengenal si kuda besi ini. Ribuan kilometer telah dijalani bersama. Kelebihan dan kelemahan dari motor ini gue udah lumayan paham.

Suzuki Satria F150 FI merah hitam
Yang akan gue bahas bukan hanya performa mesin atau handling saja, tapi banyak. Mulai dari hal-hal kecil yang sering dilupakan seperti spion sampai dengan hal-hal yang sering dibahas seperti performa mesin. Nanti kita bahas semuanya yaa.. Kalau ada yang terlewat dari apa yang gue sampaikan, teman-teman bisa request. Kalau gue bisa, gue akan sampaikan juga hehe..

Review harian All New Satria F150 FI (FUFI)
Sebelumnya, gue telah membahas tentang performa mesin, konsumsi bbm, beberapa kelebihan dan kekurangan dari motor ini, bisa dilihat di artikel berikut:
Review 100 KM Bersama Satria FU FI
Setelah diincar, ditangkap dan dikandangin sejak tanggal 8 Maret 2016, akhirnya gue telah melewati 100 km bersama si ayam jago idola para gadis SMA ini, … Hari ini tepat 2 minggu motor alay ini resmi jadi milik gue, tapi jarak tempuhnya masih dikit banget.. Yaaah, maklum karena kesibukan bro,, weekday gue tugas ke luar kota terus sampai pertengahan april nanti (kalau tugas lain belum menyusul). Jadi waktu gue untuk mengendarai si FUFI ini cuma weekend, itu pun kalau gak ujan. Nah, beberapa minggu terakhir ini Padang rajin diguyur hujan. Jadi deh gue jarang betot gas si FUFI..
speedometer satria f150 injeksi
Desain
Gue ucapkan “good job” kepada desainer Suzuki yang udah bikin desain yang begitu memukau dan kekinian. Satria F adalah cinta pertama gue, desainnya long lasting. Liat aja, umurnya udah 10 tahun tapi masih terlihat modern, ya walau beberapa kali ada minor facelift. Sebagai penerus, ternyata Suzuki mampu menghadirkan FU FI dengan desain yang lebih fresh dan kekinian. Desainnya tetap dinamis dengan sedikit tajam di beberapa bagian.

Satria FU FI tampak samping kanan
Tapi ada satu yang gue gak suka, STOPLAMP!! Njiirr,, ikut-ikutan failed kaya Sonic nih.. Tapi enggak sejelek Sonic sih ngoahaha.. Tapi jangan dibandingin sama MX King please, kebanting -____-. Sebenernya ada satu lagi sih yang gue gak suka, speedometer!! Tapi bukan karena desain, tapi karena gue lebih suka perpaduan analog+digital kaya FU lama, bukan full digital begini. Gak enak mantau takometer digital gini bro. Terus terus, ada yang satu lagi yang gue sesalkan, kenapa bannya masih imut ya? Naikin 1 tingkat kek -__-..
Mesin
Dari sisi mesin, Suzuki mengklaim telah membenamkan tenaga on crank sebesar 18,23 HP pada 10.000 rpm dan torsi 13.8 Nm pada 8.500 rpm.. Beberapa pihak telah melakukan test dyno untuk menguji power dan torsi realnya ketika sudah sampai roda belakang (wheel horse power), kemudian dibandingkan dengan kompetitor seperti Honda Sonic dan Yamaha MX King. Beberapa test terlihat wajar karena hasilnya di atas kompetitor (sesuai dengan spesifikasi yang diklaim pabrikan), namun ada juga yang menimbulkan kontra luar biasa di kalangan pecinta sepeda motor tanah air. Terlepas dari hasil dyno, kondisi di lapangan sejauh ini selalu membuktikan keunggulan Satria FU FI. Malah di salah satu race kelas motor standar 150cc di Jatim, motor lain ngambek gak mau race setelah tahu Satria F150 FI ikutan tampil. Takut ditampol bolak-balik wkwkwk..
Nah sekarang menurut impresi gue, seperti apa sih? Sesuai dengan instruksi teknisi Suzuki untuk tidak membawa motor ini di atas 60kmh selama masa inreyen, so gue juga selama ini cuma bawa santai (walau beberapa kali geber sedikit di atas ambang batas, wkwk). Sejauh yang gue rasakan, tenaga dan torsi si FUFI nampol bener. Motor paling powerful di kelas 150cc yang pernah gue rasakan. Sebelumnya gue pernah nyobain CBR Thai, NVL, dan Satria lawas. Tapi ada satu hal yang gue gak suka dari mesinnya, motor ini susah dibawa santai bro. Kalau dibawa pelan kurang dari 50kmh suka loncat-loncat pengen dibetot. Apalagi kalau jalanan menurun, beuuuuh. Padahal gas udah gue panteng di rpm tertentu. Buat gue sih ini mengganggu, tapi ntah buat pecinta kecepatan mungkin malah enjoy kali ya hehe.
Suspensi
Sepanjang yang gue rasain, suspensi belakang empuk. Kena lobang masih nyaman, dibawa boncengan masih nyaman. Nah suspensi depan nih bermasalah. Secara fungsi sih masih empuk juga sebenernya, tapi ada bunyi “jeduk” atau “cetok” atau gimanalah kalau lewat jalan yang gak rata. Yang pasti bener-bener bikin gak nyaman di kuping dan bikin waswas aja. Gue share masalah ini di grup FB FUFI ternyata yang lain juga ngalamin hal yang yang sama. Gue udah ngontak dealer dan motor gue suruh dibawa ke dealer. Semoga segera tertangani dengan baik.

Satria F Injeksi tampak depan
Pengereman pakem, mumpuni. Mungkin berkat rem bikinan anak perusahaan brembo, BYBRE. Tapi kalau gue rasain lebih mendalam, kok rasa-rasanya masih lebih pakem Jupiter MX gen pertama gue tahun 2005 ya? Ntah lah, cuma feeling gue aja mungkin.
http://www.laskar-suzuki.com/2015/10/kupas-tuntas-bagian-rem-dan.html
Lain-lain
Fitur favorit gue dari si FUFI ini tak lain tak bukan adalah BAGASI. Untuk motor seramping ini, Suzuki masih membenamkan bagasi. Tapi kecil banget ya, buat jas hujan gak muat nih kayanya. Palingan gue pake buat naro hp sama dompet doang kalau jarak deket. Oya, bagasinya juga suka panas bro kalau mesin udah panas. Sebaiknya hp jangan ditaruh disini deh kalau mau pakai motor dalam waktu yang lama / jarak yang jauh. Ke depannya mungkin Suzuki perlu kasih alumunium foil buat meminimalisir panas, seperti yang udah dibenamkan di sekitar mesin.
Radiatornya gede bener bro. Mungkin ini juga yang bikin motor jadi keliatan lebih gambot dibanding FU lawas. Secara fungsi dapet, secara tampilan juga dapet.
Dari FU karbu sampai injeksi ini, gue demen suara knalpotnya, padet. Kalau handling sejauh ini gue ngerasa nyaman-nyaman aja sih kalau dipake santai dan normal. Ntar deh gue bahas lagi kalau udah gue bawa kebut dan nggak normal, wkwkwk..
Kesimpulan gue sampai 100 km pertama:
Yang gue demen:
+ overall , desain lebih kece dibanding Satria Karbu dan ayam jago sebelah
+ mesin powerful, bener2 kerasa lebih nendang powernya dibanding 150cc lain yang pernah gue coba (CBR, Vixion, FU lawas)
+ suspensi nyaman
+ rem pakem
+ suaranya gue demen, padet
+ bagasi sangat membantu
Yang gue gak demen:
– sok depan “jeduk” kalau lewat jalan gak rata
– barang di bagasi ikutan panas kalau mesin panas
– gak bisa dibawa santai -____-, nyundul2 terus pengen dibawa ngebut haha
– lampu belakang jeleeek (ganti punya mx king bisa gak ya?)

satria FU FI
Konsumsi BBM Satria F150 FI
Salam satu aspal…Balik lagi bareng gue buat kupas tuntas si ayago yang baru aja mendapat gelar motor paling membahagiakan, Suzuki Satria F150 Fuel Injection. Di artikel sebelumnya, gue udah nulis panjang lebar perihal impresi berkendara gue setelah menunggangi si FU FI selama 2 minggu dengan jarak tempuh 100 km (masih dikit bro ). Baik kelebihan maupun kekurangan yang gue rasakan, gue tulis semua, jujur dari hati bro, gak ada tekanan dari pihak manapun, hehehe..
http://travelmotoblog.com/2016/03/22/review-100-km-bersama-satria-fu-fi/
Okay, kali ini gue ada bahasan lain yang gak kalah menarik dibandingkan dengan bahasan sebelumnya. Topik yang sering dicari orang selain performa dan kelebihan maupun kekurangan. Yup, tak lain dan tak bukan adalah tentang konsumsi BBM. Mau motor murah atau mahal, matik atau sport, mocil atau moge, bahasan tentang konsumsi BBM ini memang banyak yang nyari.

Konsumsi BBM banyak dikaitkan dengan urusan dompet yang kadang beberapa orang berpikir “matic jualan irit”, “beli motorsport gak usah mikirin BBM”, “beli moge gak usah mikirin BBM”, dan opini-opini lainnya. Tapi nyatanya bagi beberapa orang lainnya yang sangat concern terhadap environmental sustainability alias keberlanjutan lingkungan, konsumsi BBM bukan hanya urusan duit. Jadi untuk tipe orang yang concern terhadap lingkungan tersebut, beli moge pun harus yang irit, hehehe..
Oke deh, gak usah kejauhan dulu lah ngomongnya. Balik lagi ke topik utama, konsumsi BBM Suzuki Satria FU FI. Jadi ketika datang dari dealer, indikator bbm nunjukin dua bar. Gue cek tangkinya, dan warnanya putih, oooh berarti pertalite nih. Buka secure key system, masukin kunci, tekan tombol start, dan gue bawa jalan-jalan deh. Pas indikator bensin udah turun jadi 1 bar, gue sambangi pertamina. Beda dengan dealer yang ngasih minum pertalite, gue dari awal udah bertekad si FU FI bakal gue cekokin pertamax terus. Kompresi mesinnya tinggi bro, 11,5:1. Mesin DOHC berperforma tinggi dengan power maksimal 18,2HP dan torsi puncak 13,8Nm (spek brosur) udah sewajarnya dikasih bbm yang lebih berkualitas. Nah, ketika gue isi bbm untuk pertama kalinya ini, odometer nunjukin angka 24 km. Gue isi pertamax, full.
Hari berganti, sampai 2 minggu si FUFI baru menempuh jarak 100km. Setitik angin segar muncul, gue pulang dari tugas luar sebelum long weekend. Long weekend kali ini gue manfaatkan untuk seharian berkeliling Kota Padang. Untungnya hari ini langit juga cerah, sangat mendukung untuk jalan-jalan pakai motor. Setelah berkelana kota Padang, indikator bensin udah menipis dan gue pun melipir ke pom bensin.
Isi penuh pertamax, argo nunjukin 26.xxx atau 3,19 liter pertamax. Lihat ke dashboard, panel odometer nunjukkin angka 165. Dulu isi bensin di kilometer 24, berarti jarak yang ditempuh FU FI adalah 141km dan menghabiskan 3,19 liter pertamax. Didapatlah hasil 44,2 km/liter… waaah, mayan irit nih.. Tapi lihat dulu beberapa kondisi di bawah ini:
- BBM campuran, dari dealer diisi pertalite sampai 2 bar, sama gue diisi pertamax.
- Motor dipake seringnya di daerah Unand yang gak serame pusat kota Padang. Jalanan lancaaar..
- Sesekali dibawa ke pusat kota. Tapi ya serame-ramenya di sini tetep jauuuuh kalau dibandingin sama kemacetan Jakarta.
- Satu kali kejebak jalanan yang mayan macet, karena jalannya kecil dan liburan gini banyak orang keluar rumah, tapi gak lama sih ketemu macetnya.
- Gue bawa santai, seringnya antara 40-60 kmh, sesekali dibawa sampe 70kmh.
- Sering stop and go karena gue pake sebentar-sebentar sampai di km 165 ini.
- Unand di daerah bukit, jadi gue sering melewati tanjakan dan turunan.
Kelebihan Satria FU FI (1): Bagasi Muat Jas Hujan!
Bagasi, salah satu keunggulan Suzuki Satria F150 FI yang para pecinta motor pasti udah pada tahu. Fitur ini adalah salah satu yang banyak digembar-gemborkan di internet maupun di obrolan warung kopi. Salah satu keunggulan mutlak dibandingkan dengan Honda Sonic dan Yamaha MX King. Satu-satunya bebek super yang punya fitur bagasi adalah Honda CS1 yang sejak jauh-jauh hari udah disuntik mati sama AHM. Bagasi FUFI emang minimalis, bahkan lebih kecil dari punya CS1, tapi ternyata bisa buat naroh jas hujan. WOW…Ini salah satu alasan kenapa lu harus memilih Satria F150 FI dibanding kompetitor
Seperti halnya CS1, bagasi FUFI berada di bagian tengah antara jok dan setang. Gue rasa sih bagasi di Satria FI hanya sekedar pelengkap, “yang penting ada, di kompetitor gak ada”. Ya emang sih gak bisa muluk-muluk di motor kecil gini. Area tengah udah padet sama mesin DOHC 150cc. Dikasih bagasi kecil pun udah suatu inovasi yang keren menurut gue. Kelebihan ini menjadi salah satu alasan kenapa memilih Satria F150 FI.

bagasi Satria F Injeksi cukup buat nyimpen jas hujan
INSPIRASI DATANG
Suatu ketika gue lihat ibu-ibu di jalan pake jas hujan transparan yang keliatannya tipis. Nah dari sini lah secercah harapan muncul. Dalam hati gue bergumam “wah jas hujan ini nampaknya lebih tipis dibanding jas hujan biasa”. Maka pencarian pun dimulai. Setelah menyambangi 3 toko perlengkapan biker, akhirnya ketemulah apa yang gue cari. Jas hujan bermerek TGR dengan harga cuma 90ribu direkomendasikan oleh si cece pemilik toko. Sebelum deal, gue minta ijin buat dites di bagasi si FUFI, dan ternyata MUAT!!! Akhirnya gue ambil warna putih. Udah sepasang kok, atasan dan bawahan. Sebenernya ada 1 lagi yang ditawarin sama si cece, jas hujan super tipis sepuluh ribuan. Tapi gue yakin fungsinya gak total, gue pernah pake dan hasilnya masih mudah ditembus air ..
Bagasi tambahan
Selain bagasi yang gue bahas tadi, ternyata juga ada space kecil yang bisa dijadikan bagasi tambahan. Di bawah jok ada sedikit ruang di kanan, kiri, dan di dekat aki yang gue pake buat naro sarung tangan dan masker.. Asik kaaan?

jas hujan tipis untuk bagasi satria f150 FI
Naah, gamblang kan?! keraguan yang muncul apakah bagasi Satria FU FI muat dimasukin jas hujan akhirnya terjawab, MUAT BRO!! Tapi memang gak sembarang jas hujan, harus yang tipis. Sebenernya gue belum pernah nyoba buat masukin jas hujan yang “normal”. Tapi menurut gue sepertinya gak bakal muat, daripada dipaksa masuk mending pake yang tipis gini aja, udah pasti dan terbukti. Jadi kemana-kemana gue bisa tenang sekarang. Gak terlalu khawatir mikirin hujan, gak perlu ribet bawa tas kemana-mana buat nyimpen jas hujan. Cukup taro di bagasi mini Satria F150 FU, dan pikiran gue lebih tenang. Buat nyimpen sarung tangan dan masker? Manfaatin space kecil di bawah jok bro, masih cukup kok …
Buat Honda dan Yamaha, segera benahi produk kalian dengan penambahan bagasi, walaupun kecil tapi bisa jadi pertimbangan calon pembeli. Totally useful bro!!
Kelebihan Satria FUFI (2): Performa Jempolan, Torsi Layaknya SOHC Overstroke, Power Layaknya Real DOHC..
Bicara soal performa di klan Satria, Suzuki gak pernah main-main. Sejak jaman Satria 2 tak, image motor kencang udah melekat sama motor ini.. Motor yang bisa dibilang “terjangkau” untuk para speed freak. Memasuki era motor 4 tak, Suzuki Satria F150 pun didatangkan utuh dari Thailand dengan tenaga 16 HP di motor seringan itu. Performanya dahsyat, bahkan kalau diadu dengan motor lain dengan kapasitas mesin di atasnya. Terlalu nyaman dengan kesuksesan Satria F150 karbu, akhirnya Suzuki digetok Honda dengan Sonic 150R nya. Mau gak mau Suzuki harus melakukan refreshment, total!! Bukan hanya ganti striping, bukan hanya minor change 1 atau 2 bagian saja. Lahirlah Satria F150 Fuel Injection yang dibekali tenaga terbesar di kelas motor 4 tak 150 cc.. Gue pun beralih dari yang tadinya mau beli Sonic, akhirnya meminang si FUFI ini. Oke, kali ini gue mau bahas performanya. Gimana hasilnya? BERANI DIADU!!!! Jempolan!! Torsi dan powernya nampol!!Setelah mau menetapkan hati ke Sonic, akhirnya pilihan gue kembali ke Satria setelah Suzuki mengeluarkan All New Satria F150 FI. Gue pilih Satria bukan karena spesifikasi mesinnya yang paling jempolan di kelasnya. Performa gak terlalu penting buat pemakaian harian. Untuk pemakaian harian, matic 125 cc aja udah cukup buat gue. Lalu apa? Desain yang kece badai!! Pun begitu, gue akan tetep ngasih credit ke Suzuki untuk performa yang keluar dari si FU injeksi ini. Gue tegaskan, untuk pemakaian harian dalam kota, performanya udah lebih dari cukup.
Sebelumnya, gue pernah bahas salah satu kekurangan si FUFI ini yaitu tentang torsinya yang liar sejak rpm rendah,, yang berakibat gak nyaman buat dibawa santai.
Kekurangan Satria FUFI (2): Gak Enak Dibawa Santai, Nyundul-nyundul
Motor ini susah diajak santai, seperti ada tenaga yang meledak-ledak yang mencoba keluar dari batasan.. Tapi ketidaknyaman ini berubah ketika mode “Release The Kraken!” diaktifkan.. … Ya, maksud gue, ketika lu emang gak pengen bawa santai dan pengen merasakan tenaga 18,2 HP dan torsi 13,8 Nm dengan leluasa, lu bakal ngerasain nikmatnya berkendara di atas Satria F150 FI ini.. Kalau lu pernah naik motor bermesin DOHC overbore dan SOHC overstroke, lu pasti tahu lah perbedaannya.. Satria FUFI ini menurut gue perpaduan antara torsi SOHC overstroke dan power DOHC overbore,, nah loo???

Satria Injeksi bertampang autobots
Saat pake CBR 150 Thai, gue merasakan tarikan yang agak lelet di putaran bawah. Ya tipikal DOHC overbore lah, ditambah dengan body yang berat.. Tapi saat rpm mulai mencapai power maksimal, baru kerasa keganasan power DOHC dengan konfigurasi mesin overbore.. Begitu juga pas bawa Satria karbu baik yang CBU maupun CKD euro 2, cuma disini tarikan bawah masih lebih enak Satria karbu dibanding CBR, ya maklum bodynya jauh lebih ringan juga.. Saat gue betot New Vixion Lightning justru sebaliknya, tarikan di awal sangat jos!!! cocok banget buat perkotaan, tapi untuk putaran atas belum pernah gue rasakan karena gak sempet menguji performanya secara maksimal, hehe.. Cuma udah rahasia umum lah yaa, SOHC overstroke lebih cocok untuk perkotaan karena performa di rpm menengah ke bawah emang jempolan, tapi dalam kecepatan tinggi lebih menyenangkan betot DOHC overbore.. Ingat!! Untuk mesin standar lho,, jangan dikaitkan dengan motor yg udah racing oriented..
Setelah menempuh 800 km bersama si FUFI, sampai sekarang gue simpulkan bahwa motor ini dari kecepatan rendah torsinya udah meledak2, efek negatifnya ya motor ini gak enak dibawa santai. Dan di kecepatan menengah ke atas atau rpm tinggi,, karakter overbore nya beneran nampol!!!! Buat speed freak cocok banget deeeh.. Tapi tetap gunakan power yang besar dengan bijak ya masbro, terutama adik-adik SMA nih, pakailah seperlunya. Selalu inget apa yang Uncle Ben katakan,, “With great power comes great responsibility“.. Semakin besar power yang dimiliki motor lu, semakin besar pula tanggungjawab yang harus lu pikul.. Jangan sampai gara-gara keegoisan lu dalam menggunakan power motor lu, banyak orang lain yang menderita kerugian karenanya..
Satu lagi, Satria emang “motor alay”, tapi bukan berarti gaya berkendara lu jadi ikutan “alay” layaknya predikat yang disandang Satria FU,, ngoahahaha…
Kekurangan Satria FUFI (1): Shock Depan Bunyi “Ceklog” .. Tenang, Ada Solusi..
Sesaat setelah pihak dealer mengantar motor ke rumah, segera gue melakukan test drive singkat keliling Unand untuk mengetahui first riding impression dari jagoan Suzuki ini. Yah namanya udah ngidam banget sama motor ini sejak sebelum keluar, tentulah motor yang udah di depan mata gak gue sia-siakan untuk ditunggangi. Keluar rumah menuju jalan besar, hentakan torsi dan tenaga bener-bener terasa.. Lewatin jalan bergelombang, “ceklog ceklog”, lah kok??? Coba terus jalan lagi, lewatin jalan jelek, bunyi lagi “ceklog ceklog”.. Setiap lewat jalan rusak/gak rata, shock depan selalu mengeluarkan bunyi aneh yang gak nyaman didenger.Hmm,, bunyi-bunyian ini gak normal nih di motor, gak pernah gue temuin yang kaya begini di motor lain.. Sejenak gue coba rasakan kinerja dari shock depan si FUFI ini, gak ada masalah gue rasa. Shock tetep empuk dan gak bikin motor limbung. Secara kinerja sebenernya mumpuni lah, tapi jelas bunyi-bunyian itu bikin gak nyaman. Walaupun gak ada gangguan kenyamanan secara kinerja shock, tapi bunyi ceklog itu selalu bikin was was.. “Kira-kira bakal kenapa-kenapa gak ya? Bakal patah gak ya? Bakal ini itu dll bla bla blaaa…”. Ya walaupun emang kalau di jalan yang mulus, gak akan ada bunyi-bunyian laknat itu :V …

Suzuki Satria F150 Injeksi tampak depan
Akhirnya gue cari grup FUFI di FB, untuk memastikan apa cuma gue doang atau temen-temen pemakai FUFI yang lain juga nemuin kondisi seperti ini. Setelah diapprove admin dan baca-baca postingan temen-temen.. Oalaaaah ternyata ini emang cacat produksi. Semuanya mengeluh shock depan bunyi “ceklog”.. Ceklog ya gan, bukan klotok, ngoahaha..
Terus Solusinya Gimana Masbro?? Tenang, Ini Dia…
Tenang wahai kalian para pemilik Satria FUFI yang sedang dipusingkan dengan permasalahan shock depan bunyi “ceklog”.. Ternyata pihak Suzuki SIAP untuk membantu mengatasi permasalahan ini. Di Grup FB F150 Injeksi, banyak yang nyaranin untuk telpon ke Halo Suzuki. Nantinya dari Suzuki Pusat bakal meneruskan keluhan agan dan menginstruksikan dealer tempat agan beli Satri FUFI buat beresin masalah ini. Prosedur ini dianggap lebih mudah dan lebih terjamin tindak lanjutnya daripada kalau kita langsung klaim ke dealer tempat kita beli. Beberapa member di grup udah membuktikannya dan masalah shock bunyi pun hilang.. Wah keren Suzuki kalau penanganannya begitu.. Top lah!!

Gue pun penasaran pengen buktiin pelayanan Suzuki yang tampak mustahil itu.. Masa sih? Pabrikan yang lagi cengap-cengap gini ngasih pelayanan begitu?
Saat itu gue lagi ditugasin kantor ke luar kota. Rencana gue telpon Halo Suzuki gue tunda sampai sekembalinya gue ke Padang. Suddenly,, saat gue lagi sibuk kerja, tiba-tiba ada nomor tak dikenal telpon. Wah bukan nomor HP nih, lalu gue angkat telpon itu. Tak disangka-sangka, ternyata yang telpon ke nomor gue adalah Suzuki Pusat. Doi tanya apa betul gue beli Satria FUFI dan ada keluhan apa aja sama Satria F150 Injeksinya.. Gue sampaikanlah keluhan gue terkait shock depan bunyi “ceklog” kalau lewat jalan gak rata. Lalu doi menyarankan gue untuk membawa si FUFI ke dealer tempat gue beli dan menanyakan kapan akan kesana.
Wah gila,, belum juga gue telpon Halo Suzuki buat nyampein keluhan gue, taunya dari pihak mereka udah telpon duluan. Ini pasti mimpi nih, gak mungkin Suzuki begini ngoahaha..
Sehari kemudian giliran pihak dealer Suzuki Pondok (tempat gue beli FUFI) yang telpon gue. Kang Asep namanya, salah satu mekanik disana, memastikan kedatangan gue di tanggal yang telah gue sebutkan sebelumnya ke Suzuki Pusat. Gue pun mengiyakan..
Di hari yang telah ditentukan, gue datang ke dealer bawa si FUFI. Ketemu Kang Asep, gue pun berkenalan.. “Dari namanya, orang Sunda nih?” kata gue.. Ternyata iya, karena kesamaan suku, akrablah kami, apalagi obrolan kami pake bahasa sunda. Yaa walaupun gue sunda kasar dan dia sunda alus ..
Oke, akhirnya gue bonceng kang Asep dan melewati jalanan gak rata untuk memastikan adanya bunyi “ceklog” yang mengganggu.. Setelah itu, Kang Asep jelasin kalau secara performa sebenernya gak masalah. Doi juga berterimakasih atas keluhan yang disampaikan, karena feedback dari konsumen justru sangat bagus untuk bahan evaluasi perusahaan. Dia pun berjanji untuk segera mengirim laporan keluhan gue ke Suzuki Pusat dan akan mengabari apabila sudah ada arahan dari Suzuki Pusat.
Sambil ngobrol-ngobrol, gue pun mancing-mancing isu-isu pabrikan suzuki yang katanya bakal ngeluarin sport dengan basic mesin Satria FUFI.. Akhirnya dia sedikit kasih bocoran tentang produk-produk baru Suzuki. Apa aja tuh? Entar aja gaan hahaha…
Kelar bincang-bincang, akhirnya gue pulang dengan membawa bingkisan berisi kaos, gelas, aqua, dan roti… Wah sayang gak dikasih amvlop gan.. :V
2 minggu kemudian, masih belum ada info dari kang Asep, akhirnya gue WA doi.. Ternyata shock baru udah ada di dealer, dan Kang Asep minta maaf karena lupa infoin.. Yuhuuuuu,,, akhirnyaaaa,,,, gue pun bilang ke doi mau ke dealer minggu depan sekalian servis pertama si FUFI nih…
Naah,, gimana setelah ganti shock? Ntar woooy, gue belum kesana. Ntar gue ceritain deh kalau shocknya udah diganti…
Nah, setelah satu tahun pemakaian, beribu-ribu kilometer dilewati, apakah impresi gue akan tetap sama? Nantikan artikel-artikelnya yang akan mulai gue tampilkan malam ini hehehe..
So stay tuned ya guys.. Artikel tentang review Satria F150 FI (FUFI) akan bermunculan di blog ini. Gue menyebutnya, Review “tidak ada dusta di antara kita”. Gue akan blak-blakan aja. Kalau bagus gue bilang bagus, kalau jelek ya gue bilang jelek. Enggak ada kepentingan apapun di sini. Murni review dari seorang user yang bukan fanboy.
Sekilas tentang motor Satria dulu yuk.
Satria.
Dalam dunia permotoran, nama Satria merupakan salah satu nama besar, khususnya di Indonesia. Satria merupakan produk dari Suzuki berjenis cub atau bebek. Awal kemunculannya, Satria menggunakan mesin 2 tak 120cc yang terbukti kentjhang. Untuk motor bebek, Saat itu Satria lah yang terkencang. Satu-satunya yang bisa menyaingi keganasan mesin Satria di kelas bebek mungkin hanya Yamaha Y125Z, itu pun karena motor CBU dan unitnya langka di Indonesia.
Ketika era 2 tak mulai ditinggalkan, Suzuki merancang Suzuki Satria F150 bermesin 4 stroke 150cc. Dari model bebek, beralih ke Ayago alias Ayam Jago. Lagi-lagi, untuk motor bebek, motor ini merupakan yang terkencang. Bahkan sport batangan di kelas 150cc 4 stroke juga dipecundanginya. Selama sekitar 10 tahun, Suzuki menyematkan teknologi karburator pada Satria F150. Modelnya juga begitu-begitu saja. Facelift yang dilakukan enggak mengubah desain secara keseluruhan. Mungkin karena tidak ada pesaing di kelasnya, ayago atau bebek sport 150cc.
Baru pada tahun 2016, teknologi ditingkatkan menjadi Fuel Injection. Performanya yang awalnya kencang dibikin lebih kencang lagi. Suzuki Satria F150 FI. Upgrade tersebut harus dilakukan Suzuki karena kemunculannya Honda Sonic yang lebih modern dan dilengkapi dengan teknologi injeksi.
https://cuaprider.com/2017/03/15/the-beginning-review-suzuki-all-new-satria-f150-fi-setelah-1-tahun-pemakaian/
Komentar
Posting Komentar